700 Pelaku UMKM Dapat Bantuan Melalui PMI Kota Serang (IFRC-PMI)

700 Pelaku UMKM Dapat Bantuan Melalui PMI Kota Serang (IFRC-PMI)

ROOMPI.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang menyalurkan bantuan stimultan modal untuk 700 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Serang. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi pelaku usaha yang tidak dapat bantuan sosial dari pemerintah akibat terdampak Covid-19.

Ketua PMI Kota Serang Adde Rosi Khoerunnisa mengatakan bantuan yang disalurkan PMI Kota Serang itu bersumber dari federasi himpunan palang merah dan bulan sabit merah. “Alhamdulillah kita mendapatkan kuota bantuan kuota masyarakat yang terdampak covid yang belum dapat bantuan pemerintah 700 orang,” katanya kepada wartawan di lapangan tenis indor Pemkab Serang, Sabtu (10/12).

Kata dia, pihaknya menggandeng Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang untuk menyingkronkan data penerima bantuan tersebut. Hal itu, dilakukan agar tidak ada penerima manfaat yang tumpang tindih. “Alhamdulillah antusiasme dibantu dinsos untuk verifikasi agar tidak tumpang tindih bantuan, karena diprioritaskan masyarakat yang belum mendapat bantuan,” ungkapnya. Ia juga mengatakan warga yang akan mengambil bantuan tersebut di PT Pos Indonesia dengan membawa KTM.

Kata dia, setiap penerima manfaat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1,3 juta. Ia juga mengatakan bantuan itu hanya ada di empat daerah di Provinsi Banten yang mendapatkan bantuan untuk pelaku UMKM. Di antaranya, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, dan Kabupaten Serang. “Kita memang maksimalkan amanah ini sehingga dipersyaratkan dimintakan agar berdampak baik,” terangnya. Ia berharap, pelaku UMKM dapat meningkatkan produksi usahanya agar bisa mandiri dan kuat serta menumbuhkan ekonomi lokal. “Harapannya karena ini bantuan pelaku UMKM yang terseok bisa tumbuh kembali dan maju kembali UMKM lokal,” harapnya. Sementara itu, pedagang Cuangki di Kota Serang, Samsudin mengaku bersyukur dapat diberi kesempatan tambahan modal dari PMI Kota Serang. Dia berharap usahanya dapat berkembang dan punya tempat sendiri tidak lagi keliling. “Usaha modal. Untuk nambah usaha cuangki,” harapnya. (TN3) Ketua PMI Kota Serang, Adde Rosi Khoerunnisa saat memberikan bantuan simbolis kepada pelaku UMKM.***

Sumber : www.roompi.id